Nine days of finding peace

By Amalina Elvira - Januari 03, 2020

Assalamu'allaikum. Alhamdulillah, I am here.
Akhirnya aku menulis lagi dengan konten yang agak berbobot hehe Alhamdulillah aku baru saja kembali dari melaksanakan umrah. Dan karena umrah ini agak berbeda, maka aku memutuskan untuk menulisnya sekaligus berbagi pengalaman :)

It has never been easy for me to went there alone. Gampangnya, ketika orang lain kesana untuk me-recharge iman serta momen kumpul keluarga, aku kesana justru dengan perasaan yang hancur, sendiri, dan mungkin kalau ditanya kenapa aku berani? ya simply karena aku butuh keikhlasan dan ketenangan yang aku yakin dengan aku umroh akan lebih mudah menerima keadaan.

Everything was mesmerizing. 
The vibe, the people, the weather, the birds, literally everything. My breath was taken away by everything there. Di Madinah aku habiskan tidak begitu lama, sedikit cerita yang aku ingat dari Madinah adalah dinginnya hehe serta betapa orang berebut untuk ke Raudhoh setiap kali  jadwal pintu perempuan dibuka. I was not that good, back then. Tapi disana aku belajar bahwa begitu banyak orang yang berlomba-lomba untuk beribadah, entah itu untuk menceritakan keluh kesah atau memohonkan doa. I was grateful that I went to the right place. Yang aku bisa lakuin disana hanya menangis, bercerita, lalu menangis lagi, sampai aku bosan dan tidak tahu lagi harus meminta apa selain keikhlasan.

Inside Nabawi Mosque, the rug is super comfyyyy
Inside Nabawi Mosque, they provide you zam zam water
The wall and the ceiling inside Nabawi Mosque
outside Nabawi Mosque, perfect combination ever


Quba Mosque in Medina
Me took pic with the birds and Medina Mosque
The clock tower I've told you before
Buildings near to Jabal Uhud, the mountain for Uhud Battle
it's me! behind is the Quba Mosque
Jabal Uhud

Like I've said before..
I've never expected come to this place, this time, this condition. Rasanya seperti semuanya sudah ditunjukkan dan diarahkan oleh yang di atas. Seusai dari Madinah, lalu kami menuju ke Makkah untuk sekalian melaknsakan kewajiban umrah yaitu tawaf dan sa'i. Tawaf itu gampangnya muterin kabah sebanyak 7 kali, kalau Sa'i itu muter bolah balik dari Shafa ke Marwah dan sebaliknya.

The things I will never forget..
adalah ketika semua orang berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan, sekecil apapun itu. Sekedar menawarkan kurma, memberikan kopi, atau bahkan berbagi alas sholat. Semuanya indah, People were smilling. Yang kuingat kala itu, aku bertemu dan bertukar pikiran dengan banyak orang. Dan mungkin ada beberapa peristiwa yang sangat membekas.

Saat itu aku hendak melaksanakan sholat ashar, agak sulit mencari tempat apalagi saat itu tepat di serambi ka'bah, lalu kulihat ada satu tempat kosong di dekat seorang anak (berusia 10 tahunan) dan akhirnya she let me sit there. Akhirnya kami mengobrol, ternyata anak itu datang dengan kedua kakaknya, ya dia berasal dari Dubai. Banyak hal yang kami bicarakan hingga sampai suatu waktu dia menanyakan apakah aku bisa membaca al quran? Mungkin agak terkaget karena aku tidak bisa berbahasa arab, lalu bagaimana aku bisa membaca al quran?

Betapa banyak hal yang akan kuingat dan akan membuatku rindu suasana Makkah dan Madinah. Everyone is good, everyone is smilling. Kalau boleh aku mengucapkan terimakasih sekali lagi, to my one and only, Allah SWT karena sudah mempermudah aku selama disana, dan sudah sangat memberikan aku ketenangan. Aku rasa blog ini tidak akan muat kalau aku harus menceritakan semua secara detail, cukup hikmahnya saja ya?

Never afraid of going somewhere alone, Never afraid of travel by yourself. Let Allah chooses for you, believe it's gonna be the best choice. I am broke and devastated, I don't know where to go, I don't know what to ask because things inside my head are going to explode. But I know I am going to the right path, to where I watch people are crying in front of kabah, crying over shalat inside raudhoh. Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah..

btw, here are some photos taken in Makkah. enjoy :)
Jabal Rahmah 
Near to the hotel, birds don't chirp but still mesmerizing
Inside the mosque, the luckiest two person who are able to see that pretty view for everyday
too beautiful, right?
On the way to the mosque 
Somewhere I finally saw water
Me, taken by Canadian hehe
never get bored, right?
Inside the mosque, and of course the zam-zam
Somewhen after Shubuh, look at the crowd, I am in tears :") 

The rooftop, Have you ever wondered doing shalat while watching the sunset?
the iconic clock tower
the crowd after Dhuhur

Forget where it is, but somewhat Me looks good so why not


  • Share:

You Might Also Like

0 comments