OSCE

By Amalina Elvira - Mei 03, 2016

18:17
just arrived.

oke jadi post yang kali ini dibuat dengan tujuan memberikan bayangan serta gambaran untuk teman teman calon sejawat yang belum menunaikan OSCE semester 4. Sebelumnya, post ini tidak bermaksud menyinggung pihak tertentu melainkan benar benar bertujuan untuk menceritakan hal yang telah terjadi :) semoga bermanfaat :)

jadi, hari ini ada 4 kelompok, kelas A (2 kelompok) dan kelas B (2 kelompok), nah untuk masing masing kelas dibagi lagi menjadi kelompok state A dan stase B. nah, untuk aku sendiri, aku kelas A stase B.

yap. dari awal kedatangan, osce kali ini agak berbeda. mungkin karena penerapan sistem dan peraturan baru jadi untuk peserta kelas A dan kelas B tidak mungkin bertemu. untuk osce shift kedua diwajibkan menungggu di ruang yang digunakan untuk kelas persalinan normal, sampai kelas B yang shft pagi benar benar telah pergi.

PATUHI PERATURAN.
banyak peraturan baru yang mungkin sudah kalian baca dari wen,nah disini aku ingin menekankan kalau OSCE semester ini menurutku lebih ketat dari OSCE sebelumnya, DILARANG MEMBAWA PAPAN JALAN, ingat itu. WAJIB MEMBAWA HANDSCOEN dan PERALATAN sendiri. jaadi, kalau biasanya handscoen serta peralatan seperti penlight dan stetoskop sudah disediakan, di awal petugas SL menekankan kalau peralatan itu TIDAK disediakan (meskipun ternyata di dalam ada stetoskop dan penlight) jadi tetap bawa sendiri ya :)

YANG BARU LAGI. 
di gedung SL yang baru, peserta TIDAK akan bertemu satu sama lain, karena meskipun itu stase menunggu, tetap dilakukan di dalam ruangan.


MASUK KE STASE :)

aku orang kedua di kelompokku. artinya, aku menunggu 3 kali baru lah masuk stase. dan stase pertama adalah GINEKOLOGI, PAPSMEAR, dan AKDR.
nah disini, perintah nya tadi adalah lakukan pemeriksaan GIN, JANGAN PANIK. ingat kamu sudah belajar, dan yakin kamu pasti bisa. perhatikan baik baik apa pemeriksaan yang harus kamu lakukan. jangan sampai salah :)
NAH. disini ketika kamu masuk stase tersebut, meskipun perintah nya adalah pemeriksaan GIN, namun alat alat untuk pemeriksaan lain (papsmear dan akdr) tetap disediakan. nah kalau aku sendiri, untuk cek instrumental nya hanya aku sebutkan hal hal yang memang diperlukan di pemeriksaan itu. BEDAKAN MEJA STERIL dan NON STERIL. memang ga ada di ceklist, tp menurutku ini akan sangat membantu. JANGAN LUPA NYALAKAN LAMPU. lampu sudah ada, meskipun tidak memungkinkan untuk diarahkan 25 derajat, tetap laporkan. jangan lupa membersihkan peralatan setelah kamu selesai melakukan pemeriksaan. BAWA BUNGKUS HANDSCOEN. karena pengalaman ketika aku masuk stase, ada beberapa bungkus handscoen di meja steril, yang seharusnya itu tidak disitu :) jadi tolong di bawa keluar hehehe :) aku rasa kalau untuk stase ini lakukan urut sesuai ceklist :) GOODLUCK!

yak :) stase kedua. PAG. nah disini, aku lumayan banyak memutar otak, dan jujur pemeriksaan ku tidak sampai selesai, jadi disini yang aku tulis hanya yang pemeriksaan nya sempat aku lakukan ya :)
di pemeriksaan ini, aku banyak dapat pertanyaan, yak mungkin bisa jadi bahan belajar lagi :)
1. untuk buli buli jangan lupa letak nya dimana!
2. bedakan antara pasien yang mengalami retensi urin dan yang tidak, mulai dari inspeksi nya, palpasi nya, sampai massa kontraktil dan perkusi :)
3. pelajari benar apa yang ada di penis. bagian dorsal apa dan bagian ventral apa. ingat! untuk keadaan normal, uretra tidak tampak ya :)
4. pelajari bagaimana penis ASLI bukan MODIFIKASI. ini prtanyaan yang cukup membuat waktuku habis. nah, alhamdulillah, menurutku jawaban nya adalah kalau penis ASLI adalah penis saat bayi lahir dan penis yang tidak disirkumsisi. CARI PERBEDAAN NYA! penis yang disirkumsisi dan yang tidak :)
5. KELENJAR LIMFONODI tidak nyeri berarti interpretasi nya NORMAL. jadi saranku, jangan katakan kalau tidak ada perbesaar limfonodi :)
untuk pemeriksaan selanjutnya, tidak terlalu banyak pertanyaan, yang penting disini pelajari ANATOMI untuk semua bagian pemeriksaan dan DENGARKAN KULIAH PENGANTAR :)

next, stase terakhir. alhamdulillah OBSGYN.
nah di stase ini, ternyata, manekin yang dipakai adalah manekin SPESIAL dimana manekin nya adalah sampai bagian payudara, bagian anus tertutup dan ADA SUARA DJJ. CEPET BANGET. jadi, hati hati kalau menghitung :) 
nah untuk pemeriksaan konjugtiva dan TB,BB serta tanda vital aku tadi di skip. oiya untuk HPL dan Usia Janin pelaporan dilakukan ke penguji, JADI BERLATIH LAH :) kalau untuk stase ini kayaknya gak terlalu banyak pertanyaan, tapi tetap fokus dengan pemeriksaan nya. jangan lupa sesuaikan umur kehamilan dengan TFU :)






baik, aku rasa cukup sampai disini. ha.  ha.
untuk pertanyaan nya bisa diajukan di kolom komentar ya :) 
pesan ku untuk kalian yang belum osce, HORMATI pengaawas, PATUHI peraturan yang ada, jangan lupa BERDOA :)

PS:
doakan kami shift 1 mendapat kan nilai yang baik ya :) aku yakin kalian semua tidak ingin melihat kami menangis :"))) GOODLUCK TEMAN SEJAWAT :)






kritik dan saran sangat diterima :)

HUG,



LINA

  • Share:

You Might Also Like

0 comments